Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen Tahun 2025

Tangerang Selatan – Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi Dosen (Serdos) Tahun 2025 pada Selasa–Kamis, 28–30 Oktober 2025, bertempat di Hotel Aviary Bintaro, Tangerang Selatan.
Kegiatan ini dihadiri oleh 21 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dipercaya sebagai pengelola pelaksanaan Sertifikasi Dosen Tahun 2025. Rapat koordinasi tersebut menjadi forum strategis untuk menyamakan persepsi, memperkuat sinergi, dan memastikan kesiapan seluruh PTKIN dalam pelaksanaan proses sertifikasi dosen yang transparan, objektif, dan berkualitas.
Acara secara resmi dibuka oleh Direktur Pendidikan Islam, Prof. Dr. Sahiron, M.A., yang dalam sambutannya menegaskan pentingnya integritas dan akuntabilitas dalam pelaksanaan sertifikasi dosen. Menurut beliau, Serdos bukan sekadar proses administratif, tetapi bagian dari upaya peningkatan mutu dan profesionalisme dosen di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam.
Turut memberikan arahan Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Dr. Aziz Hakim, M.Ag., yang menekankan pentingnya kolaborasi antar-PTKIN penyelenggara dalam menjaga kualitas pelaksanaan Serdos. Ia juga mendorong agar setiap perguruan tinggi memperkuat sistem pendataan dan pemantauan kinerja dosen berbasis digital untuk mendukung efisiensi proses sertifikasi.
Dalam kegiatan ini, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember turut berpartisipasi sebagai salah satu PTKIN penyelenggara Serdos Tahun 2025. Kehadiran UIN KHAS Jember diwakili oleh Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Dr. Suryadi, M.A., yang aktif berkontribusi dalam diskusi teknis penyelenggaraan Serdos, terutama pada aspek penjaminan mutu dan mekanisme verifikasi data dosen.
Melalui kegiatan koordinasi ini, diharapkan seluruh PTKIN dapat memperkuat komitmen bersama dalam menjaga mutu penyelenggaraan Sertifikasi Dosen, sehingga mampu menghasilkan tenaga pendidik profesional yang berintegritas, berkompeten, dan berdaya saing tinggi sesuai dengan visi moderasi beragama dan transformasi pendidikan Islam di Indonesia. (Sur)
Tag :