lpm@uinkhas.ac.id (0331) 487550

LPM Gelar Training of Trainer Penyusunan RPS Berbasis OBE

Home >Berita >LPM Gelar Training of Trainer Penyusunan RPS Berbasis OBE
Diposting : Jumat, 16 Feb 2024, 14:59:51 | Dilihat : 136 kali
LPM Gelar Training of Trainer Penyusunan RPS Berbasis OBE


Outcome-Based Education (OBE) atau pendidikan berbasis capaian adalah sistem pendidikan yang fokus pada usaha untuk memastikan bahwa mahasiswa berhasil mencapai capaian yang telah ditetapkan. Kerangka dasar OBE dimulai dengan menetapkan apa yang harus dicapai oleh mahasiswa, yang disebut dengan capaian pembelajaran. Rumusan capaian pembelajaran ini disusun dalam kurikulum yang menjelaskan bagaimana mahasiswa mencapai outcome tersebut. Tahap selanjutnya adalah menyusun standar untuk mengukur capaian pembelajaran mahasiswa melalui proses learning and teaching. Tahap ini ditindaklanjuti dengan penyusunan evaluasi dan assessment dan diakhiri dengan pengukuran kualitas pencapaian dari outcome yang sudah dirumuskan.

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember melaksanakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Outcome Based Education (OBE) pada seluruh Fakultas

Hadir sebagai instruktur, Zeiburhanus Saleh, S.S., M.Pd sebagai Kepala Pusat Kurikulum dan Inovasi Pembelajaran serta praktisi kurikulum. Penyusunan kurikulum berbasis OBE harus disesuaikan dengan Visi Misi dan Filosofi Perguruan Tinggi. Program Studi kemudian merumuskan profil lulusan, yang berisi tujuan pendidikan program studi. Profil luusan kemudian dibreakdown ke dalam Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), yaitu kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan.CPL ini kemudian dijabarkan ke dalam Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), yaitu kemampuan yang dibebankan pada setiap matakuliah. CPMK kemudian dijabarkan lagi menjadi lebih spesifik dalam sub-CPMK yang dapat diukur atau diamati.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Dr. H. Mursalim, M.Ag, mengungkapkan penyusunan RPS berbasis OBE merupakan salah satu kebutuhan penting dalam standar pendidikan.

“Salah satu yang selalu menjadi perhatian asesor saat asesmen lapangan adalah kelengkapan RPS. Untuk itu, penting menyusun dokumen RPS sebagai perwujudan dalam menyiapkan standar di bidang pendidikan termasuk evaluasi pembelajaran” ungkapnya.

Pada kesempatan lain skretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Suryadi, M.A menyampaikan “untuk diketahui, kegiatan ini dilaksanakan secara estafet tiap fakultas dan kegiatan ini diikuti beberapa peserta yang terdiri dari delegasi dosen setiap program studi di lingkungan UIN KHAS Jember. Pengaplikasian pendkeatan OBE dalam kurikulum di UIN KHAS Jember merupakan hal yang harus dilakukan. Dengan demikian penyelenggaraan Training of Trainer (ToT) penyusunan RPS berbasis OBE ini seklaigus menunjukkan komitmen LPM untuk mendorong peningkatan mutu di bidang pendidikan” ungkapnya (Sr)

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember Menghadirkan Asesor PT: Review Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
02 Apr 2024By adminlpm
LPM Review Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Mengacu Permendikbudristek No 53 Tahun 2023
15 Mar 2024By adminlpm
Rapat Koordinasi Akreditasi Pergurruan Tinggi (APT) Untuk Menuju Perguruan Tinggi yang Unggul
15 Mar 2024By adminlpm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;