lpm@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Tingkatkan Mutu Internal, LPM UIN KHAS Jember Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Home >Berita >Tingkatkan Mutu Internal, LPM UIN KHAS Jember Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)
Diposting : Sabtu, 05 Nov 2022, 22:04:11 | Dilihat : 258 kali
Tingkatkan Mutu Internal, LPM UIN KHAS Jember Selenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)


LPMUINKHAS- Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menyelenggarakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) sebagai salah satu proses pelaporan dan evaluasi program Audit Mutu Internal (AMI) tahun 2022. Dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Lantai III pada hari Senin (31/10/2022), acara tersebut dibuka oleh Rektor Prof. Dr. H. Babun Suharto, S.E., M.M.

Dihadiri oleh para Wakil Rektor I, Wakil Rektor II dan Wakil Rektor III, Kepala Biro, Dekan, Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Koordinator Prodi, Ketua Lembaga, Kepala Pusat dan Ketua Program Studi S2 dan S-3 di lingkungan UIN KHAS Jember.

Dalam arahannya, Rektor mengapresiasi agenda tersebut dan meminta agar kegiatannya dipertahankan untuk dapat mengidentifikasi masalah mutu layanan akademik dan non akademik dengan akurat. Lebih lanjut untuk dijadikan program perbaikan, pengendalian dan peningkatan dari Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan) menjadi budaya mutu yang terlaksana dalam keseharian institusi. Pencapaian akreditasi institusi harus ditingkatkan menjadi unggul dan di masa depan mendapatkan pengakuan secara regional dan global.

Menegaskan apa yang telah disampaikan oleh Rektor, Ketua LPM Dr. H. Mursalim, M.Ag menyampaikan tentang pentingnya pelaksanaan RTM sebagai bentuk tindak lanjut perbaikan dari temuan yang ada sekaligus menunjukkan keseriusan dalam merespon temuan-temuan AMI.

“RTM yang kita laksanakan ini merupakan wujud penyampaian LPM kepada Rektor terkait dengan hasil audit mutu internal yang telah dilakukan oleh LPM. Dengan adanya RTM ini diharapkan semua civitas akademika di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dapat melakukan perbaikan kinerja secara berkelanjutan dan berkesinambungan.” Tambahnya.

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada hakikatnya merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan suatu perguruan tinggi yang sudah menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan RTM ini merupakan evaluasi rutin terhadap implementasi sistem manajemen mutu di prodi, fakultas, lembaga dan unit kerja lain yang terkait. RTM digelar secara berkala setiap tahun setelah dilakukan Audit Mutu Internal (AMI) dengan tujuan untuk meninjau kinerja semua bagian atau unit.

Tujuan diselenggarakannya RTM ini adalah pertama, mereview hasil Audit Mutu Internal (AMI) yang telah dilaksanakan. Kedua, mengindentifikasi kelemahan dan kelebihan yang masih belum sesuai dan target yang telah ditetapkan. Dan selanjutnya, membuat rekomendasi terhadap peningkatan sasaran mutu pada periode berikutnya.

Adapun unsur-unsur RTM diantaranya adalah Hasil Audit Internal; Tindak lanjut dari dari tinjauan sebelumnya; Kinerja Proses dan Kesesuaian Produk; Status tindakan pencegahan dan perbaikan; Perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu; Rekomendasi untuk peningkatan, kemudian Umpan Balik. (sur)

 

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember Menghadirkan Asesor PT: Review Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
02 Apr 2024By adminlpm
LPM Review Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Mengacu Permendikbudristek No 53 Tahun 2023
15 Mar 2024By adminlpm
Rapat Koordinasi Akreditasi Pergurruan Tinggi (APT) Untuk Menuju Perguruan Tinggi yang Unggul
15 Mar 2024By adminlpm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;