lpm@uinkhas.ac.id (0331) 487550

PENINGKATAN AUDITOR MUTU INTERNAL MENUJU ISO 21001:2018

Home >Berita >PENINGKATAN AUDITOR MUTU INTERNAL MENUJU ISO 21001:2018
Diposting : Jumat, 23 Sep 2022, 13:17:32 | Dilihat : 258 kali
PENINGKATAN AUDITOR MUTU INTERNAL MENUJU ISO 21001:2018


Pada hari Rabu, tanggal 21 September 2022, sejumlah dosen tetap UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember yang bertugas sebagai auditor internal kampus mengikuti penyusunan instrumen dan kegiatan pelaksanaan pelatihan Audit Mutu Internal (AMI). Dalam kegiatan ini, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, mendelegasikan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) mengundang pihak Decra Group Indonesia untuk mengikuti pelatihan yang berlokasi di Gedung Kuliah terpadu Lantai II. Bagi UIN KHAS Jember, kegiatan ini sangat menguntungkan karena sejumlah auditor internal Universitas terbekali kompetensinya dengan wawasan mengaudit yang tepat dan pengetahuan bagaimana menjadi auditor yang kompeten. Apalagi, seperti yang diitekankan oleh narasumber bahwa hasil audit sangat dipengaruhi oleh auditor yang mengaudit. "jadi auditor itu harus independen dan displin, karena cerminan diri. Artinya tidak ada pihak yang melakukan intervensi terhadap kebijakan dan hasil audit nantinya", tandas Sugeng listyo, narasumber pelatihan ketika menjelaskan materi tentang penyusunan instrumen audit.

Audit sustainability (sustainability audit) yaitu audit yang berbasis peluang dan risiko. Hal-hal yang diaudit tidak hanya dokumen (compliance audit) ataupun audit kinerja (performance audit), tetapi juga memastikan apakah peluang dan risiko telah diidentifikasi (risk based audit). Untuk itu, auditor perlu senantiasa meningkatkan kompentensinya antara lain dengan mendapatkan pelatihan semacam ini. "Kemampuannya senantiasa harus di-improve. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas Auditor AMI. Dengan begitu, Audit Mutu Internal (AMI) akan lebih efektif, efisien dan mampu mengidentifikasi kelemahan lembaga guna mewujudkan lembaga yang berkualitas", tegas Dr. H. Mursalim, M.Ag., selaku ketua Lembaga penjaminan Mutu (LPM) UIN KHAS Jember dalam sambutan pembukaan kegiatan ini.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari tersebut mengagendakan materi-materi pilihan, antara lain: (1) Integrasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dalam menghadapi Sistem Akreditasi Nasional (SAN) dan Akreditasi Internasional serta ISO 21001:2018,  (2) Metode penulisan Temuan dan Laporan Audit, serta (3) Praktik atau Simulasi Audit (Audit Dokumen dan Audit Lapangan) pada Pascasarjana UIN Kiai haji Achmad Siddiq Jember.

Harapannya, melalui kegiatan pelatihan ini, semua auditor internal UIN Kiai haji Achmad Siddiq Jember semakin cakap dalam mengaudit sehingga mampu mengawal kepada perbaikan mutu layanan kampus tercinta ini. Karena pada dasarnya tujuan audit itu memastikan temuan ditindaklanjuti oleh auditee. Tindak lanjutnya adalah auditor mendampingi auditee sampai temuannya benar-benar terselesaikan, bukan sebatas close temuan yang bersifat administrasi. Dengan demikian, perlu ada jalinan kemitraan antara auditor internal dengan auditee. (Sur)

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember Menghadirkan Asesor PT: Review Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
02 Apr 2024By adminlpm
LPM Review Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Mengacu Permendikbudristek No 53 Tahun 2023
15 Mar 2024By adminlpm
Rapat Koordinasi Akreditasi Pergurruan Tinggi (APT) Untuk Menuju Perguruan Tinggi yang Unggul
15 Mar 2024By adminlpm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;