lpm@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Budaya Mutu: LPM UIN KHAS Jember Gelar Penyusunan Buku Pedoman dan Standar Oprasional Prosedur (SOP)

Home >Berita >Budaya Mutu: LPM UIN KHAS Jember Gelar Penyusunan Buku Pedoman dan Standar Oprasional Prosedur (SOP)
Diposting : Rabu, 06 Apr 2022, 11:27:48 | Dilihat : 445 kali
Budaya Mutu: LPM UIN KHAS Jember Gelar Penyusunan Buku Pedoman dan Standar Oprasional Prosedur (SOP)


Humas - Fakultas, lembaga, dan unit di lingkungan Universitas Negeri Islam Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mulai bergelindang dalam pencapain mutu perguruan tinggi. Salah satunya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN KHAS Jember menggelar kegiatan Standar Penyusunan Mutu Internal (SPMI) yang dikemas dengan Penyusunan Buku Pedoman dan Standar Oprasional Prosedur (SOP) UIN KHAS Jember di Hotel Rembangan Jember, Sabtu siang (26/03/2022).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembagaan Kelembagaan Prof. Dr. Miftah Arifin, M.Ag. melalui via zoom. Disela pembukaannya ia berharap bahwa buku pedoman dan SOP ini tidak hanya sebagai pemenuhan taget kerja dan pencapain program, akan tetapi bisa menjadi panduan oprasional disetiap fakultas, lembaga dan unit di lingkungan UIN KHAS Jember.

"Buku pedoman dan SOP itu tidak hanya sebagai target ada sebagai dokumen saja, melainkan bisa dijadikan pedoman nyata di UIN KHAS Jember" ungkapnya.

Ketersediaan dokumen manual SPMI UIN KHAS Jember ini diharapkan dapan menciptakan budaya mutu yang menjadi suatu kebutuhan bagi sivitas akademika dalam melaksanakan tugas, baik sebagai pimpinan, dosen, mahasiswa, maupun tenaga pendidik dengan berpedoman pada manual melaksakan peningkatan mutu yang berkelanjutan.

"Budaya mutu sudah seharusnya tumbuh dalam diri segenap sivitas akademika" imbuhnya Miftah pada saat sambutan.

Ketua LPM Dr. Mursalim, M.Ag menyatakan bahwa Standar Nasional pendidikan tinggi (SNDIKTI) yang sudah disusun dalam kegiatan ini barupa standar pendidikan dan pembelajaran, standar penelitian, standar pengabdian kepada masyarakat. juga sudah disusun pula standar non SNDIKTI yaitu standar identitas meliputi visi, misi, dan tujuan, standar tata kelola dan kerjasama, standar mahasiswa dan lulusan, standar, sumber daya manusia, standar sarana dan prasarana, standar keuangan, standar sistem informasi, dan standar resiko.

"Semua manual SPMI UIN KHAS Jember ini disusun berdasarkan undang-undang, peraturan presiden, peraturan pemerintah, keputusan menteri, serta pedoman lain yang relevan", ungkapan semangat mantan ketua gugus mutu FTIK UIN KHAS Jember.

Mursalim berharap Manual mutu SPMI UIN KHAS Jember ini disusun untuk dijadikan acuan atau pedoman dalam pengelolaan UIN KHAS Jember sesuai dengan sistem penjaminan mutu internal maupun eksternal, tegasnya.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari mulai tanggal 26-27 maret 2022 yang dipandu Kepala Pusat Standar Mutu Dr. Moh. Sahlan, M.Ag. dengan moderator Sekretaris LPM UIN KHAS Jember Dr. Subakri, M.Pd.I. Turut hadir Kepala Pusat Audit Mutu Dr. Khotibul Umam, MA., Kepala Pusat Data dan Informasi Kelembagaan Dr. Moh. Nor Afandi, M.Pd.I., dan staff LPM lainnya. (humas/af)

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember Menghadirkan Asesor PT: Review Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
02 Apr 2024By adminlpm
LPM Review Kurikulum Outcome Based Education (OBE) Mengacu Permendikbudristek No 53 Tahun 2023
15 Mar 2024By adminlpm
Rapat Koordinasi Akreditasi Pergurruan Tinggi (APT) Untuk Menuju Perguruan Tinggi yang Unggul
15 Mar 2024By adminlpm

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;